Pertanyaan 1: Apakah kewajiban yang pertama atas seorang hamba?

Jawab: Kewajiban yang pertama atas seorang hamba adalah mengetahui perkara yang menjadi tujuan Allah menciptakan mereka, dan perkara yang dengannya Allah ambil dari mereka perjanjian, dan karenanya Allah utus para rasul, turunkan kitab-kitab dan karenanya juga Allah ciptakan dunia dan akhirat, surga dan neraka, dan karenanya terjadilah hari kiamat, dan karenanya ditegakkanlah timbangan-timbangan dan beterbanganlah catatan-catatan amalan sehingga ada yang bahagia dan ada yang celaka. Dan karenanya juga dibagikanlah cahaya. Dan barangsiapa yang tidak diberikan oleh Allah cahaya maka dia tidak memiliki cahaya.

Pertanyaan 2: Apakah perkara yang menjadi tujuan Allah ciptakan makluknya?

Jawab: Allah Ta’aala berfirman; “Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.” (QS. 44:38-39)

Dan Allah Ta’aala berfirman; “Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya tanpa hikmah. Yang demikian itu adalah anggapan orang-orang kafir,…” (QS. 38:27)

Dan Allah Ta’aala berfirman: “Dan Allah menciptakan langit dan bumi dengan tujuan yang benar dan agar dibalasi tiap-tiap diri terhadap apa yang dikerjakannya, dan mereka tidak akan dirugikan.” (QS. 45:22)

Dan Allah Ta’aala berfirman: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.” (QS. 51:56)

Dan ayat-ayat lainnya.

Sumber: A’lamus-Sunnah Al Mansyurah, Asy-Syaikh Hafidz Hakami rahimahullah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *