Nasihat Syaikh Doktor Ahmad bin Umar Bazmul Hafidzahullah

 

1- Diantara faktor yang merusak dakwah salafiyah: (Adanya) orang-orang yang menghimpun sumbangan-sumbangan atas nama dakwah salafiyah atau karena loyalitasnya kepada dakwah ini, kemudian dia mengalokasikan sumbangan-sumbangan itu pada selain tempatnya.

2- Diantara faktor yang merusak dakwah salafiyah: (Tampilnya) orang-orang menjadi pengajar dan da’i (padahal ia) tidak belum menempuh tahapan yang benar dalam belajar agama dan belum menghiasi diri dengan adab-adabnya.

3- Diantara faktor yang merusak dakwah salafiyah: (Tampilnya) orang-orang menjadi pengajar dan da’i (padahal ia) memiliki tujuan dan maksud-maksud pribadi yang ingin dicapainya atas nama dakwah salafiyah.

4- Diantara faktor yang merusak dakwah salafiyah: menyusupnya sebagian mutalawwin (si dua wajah) ke dalam barisan salafi, lalu ia mengadu-domba antara da’i yang satu dengan lainnya dan menyalakan fitnah dengan wajah seolah seorang pemberi nasihat.

5- Diantara faktor yang merusak dakwah salafiyah: Bahwa sebagian salafiyin terseret ke dalam perselisihan-perselisihan sehingga lahirlah aksi main vonis dan menghukumi kepada pihak yang lebih berilmu. Dan ini merupakan adab yang buruk.

6- Diantara faktor yang merusak dakwah salafiyah: Adanya sebagian penuntut ilmu yang ikut memanas-manasi dan tasyghib (melancarkan aksi adu domba) kepada salafiyin yang tulus dalam memberikan nasihat kepada pihak yang menyimpang.

7- Diantara faktor yang merusak dakwah salafiyah: Menampilkan dan menyebarkan pendapat-pendapat yang ganjil dan tertolak dan menyelisihi dalil yang ada dan menyelisihi ajaran salaf. Dan hal ini diantara perkara yang dicela oleh ulama sunnah.

8- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: Tidak adanya hubungan antara penuntut ilmu yang  tampil (dimuka ummat) dengan para ulama dan tidak mau merujuk kepada mereka. Bahkan mereka menganggap tidak membutuhkan ulama. Dan ini merupakan penyimpangan yang berbahaya.

9- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: (Adanya) sebagian penuntut ilmu yang membuat-buat kaidah yang tidak ada pendahulunya dari kalangan salaf, melainkan semata-mata berbangga dengan pendapatnya dan berlagak pandai.

10- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: Upaya sebagian penuntut ilmu untuk mengarahkan pemuda kepada pendapat dan hawa nafsunya dan menjadikan dirinya sebagai ukuran kebenaran dan selainnya adalah keras dan ngawur.

11- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: Memperlakukan sebagian penuntut ilmu seperti layaknya seorang ulama dan mendahulukan mereka daripada ulama, padahal bisa jadi gelar penuntut ilmu saja dia tidak berhak menyandangnya.

12- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: Adanya orang-orang yang tampil sok pintar dan menganggap dirinya adil, padahal hakikatnya tidak lebih dari orang yang diam dan kemungkaran atau tertipu.

13- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: Adanya sebagian penuntut ilmu yang mendidik salafiyin untuk ta’assub (fanatik) kepada mereka dan tunduk kepada pendapat-pendapat mereka.

14- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: Menlebeli salafy yang berjalan di atas manhaj bahwa ia ghuluw (berlebih-lebihan) dalam menjarh (mencela) atau tergesa-gesa atau ngawur.

15- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: Adanya sebagian penuntut ilmu yang menyebarkan pendapat-pendapat madzhab yang menyelisihi dalil, mengesankan bahwa disana ada pendapat lain.

16- Diantara hal yang merusak dakwah salafiyah: Tidak adanya ikatan persatuan, kasih-sayang dan saling menasihati antara sesama salafiyin, yang menjadikan upaya pengerusakan barisan salafiyin mudah dilakukan oleh orang-orang yang menisbatkan diri mereka kepada salafy tapi dalam manhaj mereka menyelisihi.

17- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Menyangka bahwa setiap orang yang menampakkan salafiyah sebagai salafi yang dipercayai ilmu dan agamanya.

18- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Mengundang sebagian penuntut ilmu sebelum bertanya kepada ulama tentang mereka!!

19- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Mengambil ilmu dari orang-orang yang sebenarnya lebih dekat kepada kekejian daripada ketakwaan!! Padahal berapa banyak ajaran Allah yang telah dilanggar olehnya!!

20- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Tidak diketahuinya bahwa orang yang diambil darinya ilmu itu haruslah orang yang juga bertakwa kepada Allah disisi keilmuannya!!

21- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Mensifati perselisihan antara kebenaran dan kebatilan sebagai perselisihan pribadi!! Betapa senangnya dengan ucapan ini para mumayyi’ (orang-orang yang lemah), orang-orang yang tertipu dan kaum haddadiyah (keras).

22- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Apa yang kami saksikan, berupa pengagungan makhluk lebih besar daripada pengagungan kepada Allah! Sehingga kalian dapati ada dari mereka yang menolak kebenaran dan membela kebatilan dalam kemasan menempuh jalan adab kepada syaikh.

23- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Sebagian orang yang suka tampil (di medan dakwah) yang mempermainkan kebenaran untuk mencapai tujuan-tujuan dunianya.

24- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Seorang penuntut ilmu mengkiyaskan sikap-sikapnya dengan sikap-sikap ulama. Padahal perbedaan antara mereka jelas dan nyata.

25- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Berkumpulnya pemuda disekeliling para penuntut ilmu!! (Padahal) penuntut ilmu itu cukup diambil dari mereka ilmu dan tidak dijadikan pemimpin yang diikuti.

26- Diantara hal-hal yang merusak dakwah salafiyah: Tidak bisa membedakan antara kesalahan yang disengaja dengan kesalahan yang tidak disengaja. Karena menyamakan antara keduanya adalah ghuluw (berlebih-lebihan) dan tamyi’ (menelantarkan).

 

http://www.bayenahsalaf.com/vb/showthread.php?t=15289

Penterjemah: Ust. Jafar Salih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *