Tanya: Apa perbedaan antara orang yang beriman (mukmin) dengan orang yang berislam (mukmin). Dan apakah setiap muslim mukmin (beriman)?

 

Jawab: Segala puji hanya milik Allah. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah dan kepada para pengikut beliau dan pada shahabat beliau. Amma ba’du;

Perbedaan antara mukmin dengan muslim dibangun diatas perbedaan antara Islam dan Iman. Sedangkan kaidah (dalam masalah ini) menurut ulama adalah: Islam dan iman apabila berkumpul (dalam satu penyebutan) maka (maknanya) sendiri-sendiri. Dan apabila disebut sendirian maka (maknanya) bersatu.

Apabila islam dan iman disebutkan dalam satu redaksi (nas) maka islam artinya adalah amalan yang dhahirah (tampak), iman artinya adalah i’tiqad (keyakinan) yang terdapat di dalam batin sebagaimana yang Allah firmankan; “Orang-orang arab badui itu berkata; kami beriman. Katakanlah (wahai Nabi); kalian belum beriman. Tapi katakanlah; kami berislam. Iman belum masuk ke dalam hati-hati kalian.” (Qs. Al Hujurat; 14)

Adapun apabila islam saja yang disebutkan, masuk ke dalam pengertiannya makna iman sebagaimana firman Allah Ta’aala: “Sesungguhnya agama disisi Allah adalah islam” (Qs. Ali Imran; 19)

Dan apabila iman disebut sendirian, termasuk ke dalam pengertiannya makna islam sebagaimana firman Allah Ta’aala; “Dan barangsiapa kufur kepada iman amalannya menjadi gugur” (Qs. Al Maidah: 5)

Maka berdasarkan rincian ini setiap mukmin disebut muslim dan tidak setiap muslim disebut mukmin. Oleh karena itu orang munafik dinilai muslim sesuai hukum di dunia, sedangkan hatinya kosong dari keimanan. Dan apabila dia mati diatas kemunafikannya di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.

 

Wallahua’lam.

Sumber: 

http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=19304

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *