Pertanyaan;

Orang yang tidak bisa mencari keutamaan beribadah di malam Lailatul Qadr karena udzur syar’i, apa yang harus dia lakukan? Apakah dia tidak bisa mendapatkan pahala? Apabila jawabannya tidak bisa, apakah boleh baginya minum obat untuk menunda datang bulan?

Jawab:

Segala puji hanya milik Allah. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah dan para shahabat dan keluarganya. Amma ba’du;

Sesungguhnya menyaksikan malam Lailatul Qadr tidak terbatas hanya dengan melakukan shalat dimana wanita yang sedang haidh tidak mampu melakukannya. Boleh bagi wanita yang sedang haidh mencari pahala di malam itu semampunya dengan membaca yang dia bisa dari Al Qur’an melalui hafalannya, menurut pendapat yang kuat. (Boleh baginya) bertasbih, berdoa, beristighfar, bersedekah dan mengerjakan amalan-amalan kebajikan lainnya yang tidak membutuhkan kepada bersuci dulu karena darah haidh. Namun apabila Anda ingin minum obat penunda haidh dengan tujuan untuk bisa beribadah di malam Lailatul Qadr dan mendapatkan keutamaannya –dalam keadaan suci yang sempurna-, boleh saja dan Anda diganjar pahala karena ini insyaAllah. Meskipun kami menganggap lebih utama bagi Anda untuk ridha akan takdir Allah yang menjadikan Anda dalam keadaan haidh dan menjalani perintah Allah dengan tidak shalat pada waktu itu.

Wallahua’lam

Sumber: 

http://fatwa.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=28308

——————————-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *