Lafal hadit;

لتفتحن القسطنطينية فلنعم الأمير أميرها…

“Kota Konstantinopel akan jatuh, sungguh sebaik-baiknya amir (pemimpin) adalah pemimpinnya (penaklukan itu)…”

Hadits ini diriwayatan oleh Ibnu Hanbal, Al Baghawi dan Ibnu Qani’. Keduanya (yakni Al Baghawi dan Ibnu Qani’) meriwayatkannya dalalm Mu’jam Ash-Shahabah, dari Abu Bakr Abdullah bin Muhammad bin Abi Syaibah, dari Zaid bin Al Hubab, dari Al Walid bin Al Mughirah Al Mu’afiri, dari Abdullah bin Bisyr Al Khats’ami, dari ayahnya, bahwa ia mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda;

لتفتحن القسطنطينية فلنعم الأمير أميرها فلنعم الجيش ذلك الجيش

“Kota Konstantinopel akan jatuh, sungguh sebaik-baiknya amir (pemimpin) adalah pemimpinnya (penaklukan itu), dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan itu.”

Zaid bin Al Hubab seorang kufi (orang Kufah), tsiqah (terpercaya), fiihi liin (ada padanya kelemahan). Dia wafat pada tahun 203 H.

Al Walid bin Al Mughirah bin Sulaiman Al Mu’afiri, seorang mishri (orang Mesir), shaduq (jujur). Wafat pada tahun 172 H.

Abdullah bin Bisyr Al Khats’ami, seorang kufi, Syu’bah dan Sufyan bin Uyainah dan Sufyan Ats-Tsauri dan selain mereka meriwayatkan darinya. Ibnu Hibban menyebutkannya dalam Ats-Tsiqaat (buku yang menghimpun nama-nama orang tsiqah)

Hadits ini bermasalah dan sanadnya mengisyaratkan besar kemungkinan terdapat kejanggalan. Yaitu pada riwayat seorang kufi dari mishri dari kufi (lagi)! Sejauh yang saya ketahui sanad seperti ini tidak terdapat pada riwayat-riwayat yang lurus. Akan tampak kejanggalan ini insyaallah di akhir takhrij ini.

Kemudian hadits ini juga diriwayatkan oleh Al Bukhari dalam At-Tarikh Al Kabir dan Al Awsath, dan Al Baghawi dan Ibnu Qani’, keduanya meriwayatkan dalam Mu’jam Ash-Shahabah. Begitu juga At-Thabrani dalam Al Kabir, dan Ibnu Mandah dalam Ma’rifah Ash-Shahabah, dan Al Hakim dan Abu Nu’aim dalam Ma’rifah Ash-Shahabah dari jalan Abu Kuraib Muhammad bin Al ‘Ala dan Abdah bin Abdillah Ash-Shaffar dan Utsman bin Abi Syaibah dan Abu Mas’ud Ahmad bin Al Furat Ar-Razi, keempatnya dari Zaid bin Al Hubab dari Al Walid bin Al Mughirah Al Mu’afiri dari Ubaid atau Ubaidullah bin Bisyr Al Ghanawi dari ayahnya secara marfu’.

Tampak dari riwayat-riwayat ini, bahwa Abu Bakr bin Abi Syaibah keliru dalam penamaan syaikhnya Al Walid bin Al Mughirah, ia menamakannya Abdullah bin Bisyr Al Khats’ami. Karena nama yang populer sekalipun bisa saja seseorang lupa. Lalu pada sebuah riwayat dalam Musnad Ahmad dan salah satu riwayat yang terdapat pada Mu’jam Ash-Shahabah karya Al Baghawi dan Mu’jam Ash-Shahabah karya Ibnu Qani’ terdapat kekeliruan ini. Yang benar nama syaikhnya Al Walid bin Al Mughirah adalah Ubaid atau Ubaidullah bin Bisyr Al Ghanawi, bukan Abdullah bin Bisyr Al Khats’ami.

Abdullah bin Bisyr Al Khats’ami kufi, sedangkan Ubaidullah atau Ubaid bin Bisyr Al Ghanawi mishri. Abu Hatim Ar-Razi berkata dalam Al Jarh wat-Ta’dil; Bisyr Al Ghanawi mishri. Dan ia berkata; Ubaidullah bin Bisyr Al Ghanawi diantara kawan-kawannya Ibnu Lahi’ah. Sedangkan Abdullah bin Lahi’ah mishri yang terkenal.

Dengan ini terbukalah tabir yang telah diisyaratkan di depan. Tidak ada pada sanad ini periwayatan kufi dari mishri dari kufi. Tapi ia adalah periwayatan kufi dari mishri dari mishri sehingga sanad seperti ini tidak mengherankan lagi.

Dan Ubaidullah bin Bisyr Al Ghanawi telah disebutkan oleh Ibnu Hibban dalam Ats-Tsiqat, saya tidak mendapati seorang pun yang meriwayatkan darinya selain Al Walid bin Al Mughirah. Maka yang tampak orang ini majhul. Karena itu Ali bin Al Madini, guru Al Imam Al Bukhari menilainya begitu. Ia berkata tentang jalan (sanad) ini; perawinya majhul. Lihat Tarikh Dimasyq Ibnu Asakir (36/58), Tarikh Al Islam Adz-Dzahabi tahqiq Basyar Awwad, pada peristiwa-peristiwa yang terjadi di tahun 98 (2/1044).

Kesimpulannya hadits ini terdapat pada sanadnya seorang rawi yang majhul, dan tidak ada yang jalan lain yang menguatkannya. Maka hadits inni syadid ad-dha’f (sangat lemah sekali).

Wallahu’alam

Ditulis oleh Shalahuddin Al Idlibi 27/12/1436

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *