1. NAMA, NASAB, DAN PERTUMBUHAN
Dia lah asy-Syaikh al-Muhaddits al-‘Allamah Ishaq bin ‘Abdurrahman bin Hasan bin Muhammad bin Abdul-Wahhab.
Lahir di kota Riyadh pada tahun 1276H, dan tumbuh besar disana, di dalam sebuah keluarga yang sarat dengan keilmuan dan ketakwaan.
Beliau banyak menimba ilmu dari kakak-nya, asy-Syaikh ‘Abdul-Lathif, keponakannya asy-Syaikh ‘Abdullaah bin ‘Abdul-Lathif, dan juga asy-Syaikh Hamd bin ‘Atiq1.
Beliau dimasukkan oleh sang Ayahanda, asy-Syaikh ‘Abdurrahman bin Hasan, ke madrasah agama pada umur tamyiz dibawah 9 tahun.
Mulai membaca al-Qur’an, dan menghafalnya semenjak beliau kecil.
Kemudian beliau mulai menghafal kitab-kitab ringkas tentang dalam hadits, fiqih dan tauhid.
Beliau tumbuh besar dikelilingi dengan ilmu, dan mumpuni dalam ilmu syari’ah pada masa mudanya.
2. RIHLAH MENUNTUT ILMU
Beliau belajar kepada muhaddits besar pada masa itu, yaitu al-Muhaddits asy-Syaikh Nadzir Husain2.
Kepadanya lah, beliau membaca “Syarah Nukhbatul Fikar”, ash-Shahihain (Bukhari dan Muslim), sebagian dari Kutubus-sittah, Misykatul Mashabih, dan al-Muwaththa-nya Imam Malik.
Asy-Syaikh Ishaq juga belajar “Tafsir Jalalain” dan “Bulughul Maram” pada saat itu.
Dan beliau mendapatkan ijazah dari asy-Syaikh Nadzir Husain.
Setelah itu beliau berpindah kota, masih di India, untuk menuntut ilmu kepada asy-Syaikh Husain bin Muhsin al-Anshari3.
Kemudian beliau juga belajar kepada asy-Syaikh Salamatullah. Beliau belajar “Sunan Ibn Majah” kepadanya, dan juga kitab dan bidang keilmuan lainnya.
Asy-Syaikh Husain al-Anshari dan asy-Syaikh Salamatullaah, keduanya memberikan ijazah kepada asy-Syaikh Ishaq.
Setelah itu, beliau juga belajar kepada asy-Syaikh Muhammad Basyir dalam perjalanan menuntut ilmu beliau di negeri India.
Beliau juga rihlah ke Mesir, menimba ilmu dari para Najdiyyin4 yang ada disana.
Dan tentunya tidak dilewatkan untuk menuntut ilmu dari para masyaikh al-Azhar, sebagaimana kakak dan ayah beliau.5
3. KEILMUAN YANG DIAKUI
Ketika beliau pulang ke Riyadh, beliau mengisi waktunya dalam mengajarkan ilmu dan diangkat sebagai salah satu yang berhak untuk memberikan fatwa kepada manusia.
Keilmuan beliau diakui oleh khalayak.
Bahkan ketika beliau masih menuntut ilmu di India, ketika diberikan ijazah oleh asy-Syaikh Husain al-Anshari, dalam ijazahnya beliau berkata:
“Aku ijazahkan kepada anakku al-‘Allamah Ishaq bin ‘Abdurrahman bin Hasan bin al-Imam Muhammad bin Abdul-Wahhab”
Mudanya umur beliau, tidak menghalangi sang guru untuk menyematkan gelar “al-‘Allamah” kepadanya.
4. MURID-MURID BELIAU
5. WAFAT
Beliau wafat pada umur sekitar 42 tahun di kota Riyadh.
Maka bersedihlah para penduduk Najd dan merasa kehilangan atas wafatnya beliau rahimahullaah.
Beliau mempunyai seorang putra, ‘Abdurrahman bin Ishaq, yang juga semangat dalam menuntut dan beramar-ma’ruf nahi munkar.
Sumber:
Masyahir Ulama Najd, ‘Abdurrahman bin ‘Abdul-Lathif bin ‘Abdullaah aalusy-Syaikh.
‘Ulama Najd, ‘Abdullah bin ‘Abdurrahman aalu-Bassam.
Catatan Kaki:
1. Beliau tidak sempat menimba ilmu dari sang ayah, asy-Syaikh ‘Abdurrahman bin Hasan dikarenakan sang Ayah telah wafat, saat asy-Syaikh Ishaq berumur 9 tahun.
2. Muhammad Nadzir Husain ad-Dahlawi. Beliau ulama besar pada masanya. Pembela sunnah di negeri India. Lahir pada 1220H, dan hidup sampai 100 tahun rahimahullah. Termasuk keturunan ahlul-bait dari Husain bin ‘Ali radhiAllaahu ‘anhuma.
Termasuk murid beliau yang terkenal juga adalah Syamsul-Haq al-Adzhim Abaadi, penulis “‘Aunul Ma’bud Syarh Sunan Abi Dawud”.
3. Husain bin Muhsin al-Anshari al-Yamani. Beliau seorang muhaddits, musnid. ‘Ulama pada masanya. Termasuk juga dari gurunya al-‘Adzhim Abaadi, penulis “‘Aunul Ma’bud”
4. Sebutan “Najdiyyin” mulai terkenal ketika banyak dari penduduk Najd yang terusir dari negerinya, kemudian berbondong-bondong pindah ke Mesir.
5. Ayah beliau, asy-Syaikh ‘Abdurrahman bin Hasan, menuntut ilmu selama 8 tahun di Mesir. Sang kakak, asy-Syaikh ‘Abdul-Lathif, lebih dari 30 tahun menuntut ilmu di Mesir.