Mengenal ‘Ulama Najd: Biografi Singkat Al-Imaam Abaa Buthayn

Beliau adalah Asy-syaikh al-‘Allamah ‘Abdullaah bin ‘Abdurrahmaan. Lebih terkenal dengan laqab/sebutan “Abaa Buthayn”. Beliau lahir pada tahun 1194H di Sudayr.

Asy-Syaikh aalu-Bassam dalam biografi Abaa Buthayn menyebutkan bahwa asy-Syaikh Abaa Buthayn Hambali dalam bermadzhab, dan salafi dalam beraqidah.
Asy-Syaikh Bakr Abu Zayd menyebutkan bahwa beliau adalah imaam, mujahid, muftinya negeri Najd dan pembawa panji da’wah salafiyyah pada Negeri Saudi Arabia yang ke-2.
Penulis as-Suhub al-Wabilah menyebutkan bahwa Abaa Buthayn adalah ahli fiqihnya negeri Najd pada abad 13H, tanpa ada persangkalan, tanpa ada perdebatan.

Beliau tumbuh dan berkembang dalam rumah yang penuh dengan bimbingan ilmu. Dengan kecerdasan yang diberikan Allaah kepadanya, kecepatan pemahaman, dan kekuatan hafalan, beliau bermulazamah kepada ‘alim dan faqihnya daerah Sudayr yaitu asy-Syaikh Muhammad bin Thirad ad-Dausari. Beliau mulazamah kepada asy-Syaikh Muhammad bin Thirad sampai beliau mahir dalam fiqih.

Kemudian beliau rihlah ke daerah Syaqra dari Negeri Wasyim, dan belajar kepada qadhi-nya yaitu asy-Syaikh ‘Abdul-‘Aziz al-Hushayyin. Maka ketika asy-Syaikh ‘Abdul-‘Aziz melihat kelebihan beliau, maka beliau pun dibantu agar mahir dalam permasalahan-permasalahan hukum-hukum Islam dalam konteks sistem peradilan syari’ah.

Setelah itu beliau rihlah ke Dir’iyyah, daerah yang masyhur sebagai salah satu daerah tempat awal perjuangan da’wah syaikh Muhammad bin AbdilWahhab. Disitu beliau belajar kepada asy-Syaikh Hamd bin Nashir bin Mu’ammar dan asy-Syaikh ‘Abdullaah bin Muhammad bin AbdilWahhab.

Semangat dan kegigihan beliau begitu tinggi. Bahkan ketika beliau belajar nahw di Makkah kepada Sayyid Husayn al-Ja’fari, beliau membaca syarah ibnu ‘aqil tanpa berhenti.

Kefaqihan beliau, dan keluasan ilmu beliau diakui masyarakat pada saat itu. Sehingga ketika al-Imaam Su’ud bin ‘Abdil-‘Aziz berhasil menguasa negeri Haramayn, maka ditunjuklah Abaa Buthayn menjadi qadhi/hakim Ta’if dan sekitarnya.

Pada tahun 1248H, pada pemerintahan al-Amir Turki bin Su’ud, ditunjuklah Abaa Buthayn sebagai qadhi di daerah ‘Unayzah, bahkan untuk seluruh negeri Qashim.
Pada awalnya masyarakat mempunyai kesan negatif terhadap beliau dikarenakan para qadhi sebelumnya sering memberikan kesan buruk. Tetapi pandangan itu pun berubah setelah melihat keadilan, akhlaq, dan luasnya ilmu yang dimiliki oleh Abaa Buthayn.

Maka tatkala al-Amir Turki bin Su’ud terbunuh, dan digantikan oleh al-Amir Fayshal, maka para penduduk ‘Unayzah meminta agar Abaa Buthayn dijadikan sebagai qadhi mereka, sebagai mufti mereka, sebagai pengajar mereka, sebagai khathib mereka dan sebagai imam mereka.

Keseharian beliau dipenuhi dengan ilmu, da’wah kepada manusia, dan usaha dalam memperbaiki ummat.
Beberapa kitab yang beliau ajarkan kepada ummat:
– Syarh al-Muntahaa
– Shahih Bukhari dan Muslim
– Syarh Mukhtashar at-Tahrir dalam ushul fiqih
– ‘Aqidah Safarini
– Aqidah Washitiyyah, Hamawiyyah dan Tadmuriyyah

Beliau mempunyai banyak karya diantaranya:
– Hasyiah atas Syarh al-Muntahaa
– Majmu’ Fatawa-nya beliau
– Risaalah Fii Tajwid al-Qur’an al-Karim

Beliau juga terkenal dengan usahanya dalam menjaga ummat dari penyimpangan-penyimpangan ‘aqidah.
Karya beliau yang masyhur dalam hal penjagaan terhadap ‘aqidah salafiyyah adalah bantahan beliau terhadap Daud bin Jirjis.

Dimana salah satu syubhat terbesar yang dibawa oleh Daud bin Jirjis adalah “Pelaku syirik akbar, maka hanya perbuatannya saja yang kufur, tetapi orangnya tidak kafir”.
Maka Abaa Buthayn menulis 2 karya dalam hal ini: Al-Intishar dan Ta’sis at-Taqdis.

Beliau rahimahullaah merupakan orang yang tidak banyak berbicara. Tidak berlebihan dalam bergaul dengan manusia. Banyak ibadahnya.
Mempunyai suara yang bagus dan mujawwad ketika membaca al-Qur’an. Menguasai qira’ah sab’ah (tujuh riwayat pembacaan al-Qur’an) bahkan lebih.

Beliau wafat pada Jumadil ‘Ula 1282H.

Penulis as-Suhub al-Wabilah, yang juga termasuk murid beliau, mengatakan “dengan wafatnya beliau, maka hilanglah pen-tahqiq madzhab Imaam Ahmad. Sungguh beliau merupakan keajaiban dalam hal tersebut.”

Rahimahullaahu Ta’aalaa

Referensi:
– ‘Ulamaa Najd karya asy-Syaikh ‘Abdullaah aalu-Bassam
– As-Suhub al-Wabilah karya asy-Syaikh Muhammad bin ‘Abdillaah an-Najdi al-Makki dengan tahqiq al-‘Allaamah Bakr bin ‘Abdillaah Abu Zayd

Oleh: Abu Muhammad (admin 2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *